Perbedaan Laptop dan Notebook

Seiring dengan berkembangnya negara maju, seiring pula perkembangan teknologi masa kini. Anda dapat lihat dari mulai adanya komputer PC yang sedikit memakan ruangan hingga kini adanya komputer jinjing yang biasa disebut laptop. Dirasa atau tidak, perkembangan teknologi saat ini lebih mendasar pada ukuran dan kualitas. Semakin lama ukuran gadget atau perangkat keras semakin kecil dan semakin canggih.
Efisiensi, itulah tujuan Anda dalam memilih suatu barang. Semakin kecil ukuran barang, maka akan semakin mudah untuk dibawa kemana saja. Hal inilah yang membuat produsen semakin berinovasi menciptakan karya yang kecil dan efisien. Tak berbeda dengan para produsen laptop yang berinovasi menciptakan karya yang lebih kecil dan efisien yang biasa disebut Notebook.
Mungkin Anda akan kebingungan memilih jenis yang terbaik untuk Anda. Meskipun namanya hampir mirip, namun pada kenyataanya kedua jenis gadget ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini perbandingan antara Laptop dan Notebook sebagai panduan Anda dalam memilih.

LAPTOP
Laptop merupakan suatu perangkat gadget pengganti PC desktop. Laptop merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil, membuatnya lebih efisien untuk dibawa kemana saja. Dalam hal kinerja, laptop memiliki kinerja yang sama baiknya dengan PC  desktop. Kelebihannya ialah laptop memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, compatible dangan berbagai hardware. Kekurangan dari laptop ialah beratnya yang berkisar antara 3-4kg, dan daya tahan baterainya yang mudah habis. Harga dari laptop relative sedikit lebih mahal daripada PC desktop.

NOTEBOOK
Istilah Notebook dapat diartikan sebagai buku catatan, yang berarti perangkat tersebut sangat mudah untuk digunakan sebagaimana Anda menulis sebuah buku catatan. Dalam hal ukuran, Notebook memiliki ukuran yang ralatif lebih kecil dibandingkan dengan Laptop. Karena ukurannya yang lebih kecil itulah notebook lebih nyaman dan mudah untuk dibawa menjadi keunggulan notebook. Notebook memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya tahan baterainya yang lebih awet dan ringan. Kekurangan dari notebook ialah terletak pada keterbatasan fitur yang dapat disematkan di dalamnya. Selain itu, notebook tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD sehingga harus perlu perangkat tambahan yang disebut DVD eksternal.
Berikut adalah referensi merek untuk Anda yang ingin membeli laptop notebook terbaik :
  • Dell
Merek ini memiliki banyak pilihan menarik dan baterai yang dikenal tahan lama.
  • Apple
Laptop produksi Apple ini dikenal dengan nama macbook. Macbook memiliki performance yang tinggi dan tahan terhadap virus
  • Sony
Performa yang tinggi dan stabil merupakan kelebihan dari produsen laptop Sony
  • Hewlett Packard (HP)
Produk HP merupakan produk yang terkenal dapat diandalkan, tahan lama dan terjangkau.
  • Toshiba
Toshiba merupakan produk keluaran Jepang yang sukses diseluruh penjuru dunia. Konsumsi power yang relative baik dan stabil disbanding merk lain.
  • Acer
Saat ini jik Anda membutuhkan Laptop murah dan ekonomis, maka Acer merupakan pilihan yang tepat
  • Asus
Asus biasanya direkomendasikan karena memiliki fitur multimedia dan entertainment yang sangat bagus. Biasanya asus banyak direkomdasikan bagi para penggemar game.
  • Compaq
Segala fitur dari Compaq merupakan fitur yang handal dan tahan lama
Mungkin bagi Anda masih bingung memilih antara laptop dan notebook. Ada banyak segi yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Pemilihan laptop dan notebook tergantung pada kebutuhan Anda sehari-hari. Jika Anda memerlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan piranti yang lengkap, maka pilihlah laptop. Namun jika Anda hanya membutuhkannya untuk keperluan mobile, dan trend maka tak ada salahnya mencoba Notebook.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Laptop dan Notebook"